Bacaan Doa Akhir Tahun dan Awal Tahun Hijriah

Posted on

Muslim Fiqih – Sebagai umat islam yang beriman, salah satu hal utama yakni selalu merasa lemah dan selalu mengaharap ridho dan karunia dari ALLAH SWT. adapaun bentuk nyatanya yakni selalu dn senantiasa berdoa dan memohon kepada ALALH SWT akan segala hal dan permasalahan, semua keinginan dan cita-cita harus selalu kita tujukan kepada ALLAH SWT alasannya yakni hanya dengan izinnyalah semua mampu terjadi. berdoa yakni hal yang dianjurkan dan wajib bagi kita seorang muslim untuk selalu berdoa dalam setap hal dan aktifitas. bahkan segala perbuatan pun ada doanya dan hal tersebut diatur dalam islam.

Salah satunya yakni dikala memasuki pergantian tahun gres islam atau tahun gres hijriyah. kita umat islam dianjurkan berdoa yang salah satu manfaatnya yakni sebagai bentuk syukur atas segala nikmat yang ALLAH SWT berikan kepada kita semua. doa ini biasa disebut dengan doa final tahun dan doa awal tahun. nah pribadi saja berikut doanya dalam teks/tulisan arab beserta arti bahasa indonesianya . . .

baca juga : jadwal haul habaib

Bacaan Doa Akhir Tahun dan Awal Tahun Hijriah

Doa Akhir Tahun dan Terjemahannya

Doa akir tahun biasa dibaca dikala sebelum pergantian tahun gres hijriyah, alasannya yakni pergantian hari dalam islam jatuh pada waktu mahrib. maka doa final tahun dibaca sebelum masuk waktu maghrib dan biasanya dibaca antara waktu ashar sampai sebelum masuk waktu maghrib. adapaun doanya ibarat berikut ini . . .

دعاء اخير تهون

 بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ اَللَّهُمَّ مَا عَمِلْتُ فِى هَذِهِ السَّنَةِ مِمَّا نَهَيْتَنِى عَنْهُ فَلَمْ اَتُبْ مِنْهُ وَلَمْ تَنْسَهُ وَحَلِمْتَ عَلَىَّ بَعْدَ قُدْرَتِكَ عَلَى عُقُوْبَتِى وَدَعَوْتَنِى اِلَى التَّوْبَةِ بَعْدَ جَرَا ئَتِى عَلَى مَعْصِيَتِكَ فَإِنِّى اَسْتَغْفِرُكَ فَغْفِرْلِى وَمَا عَمِلْتُ فِيْهَا مِمَّا تَرْضَاهُ وَوَعَدْتَنِى عَلَيْهِ الثَّوَابَ فَاَسْأَلُكَ اَللَّهُمَّ يَاكَرِيْمُ يَاذَ الْجَلاَلِ وَاْلاِكْرَامِ اَنْ تَتَقَبَّلَهُ مِنِّى وَلاَ تَقْطَعَ رَجَائِى مِنْكَ يَاكَرِيْمُ وَصَلَى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ

Terjemahan :

Dengan menyebut asma Yang Mahakuasa Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang.
Semoga Yang Mahakuasa tetap melimpahkan rahmat dan salam kepada junjungan dan penghulu kita Muhammad beserta keluarga dan sahabat beliau.
Ya Yang Mahakuasa ! Apa yang saya lakukan pada tahun ini wacana sesuatu yang Engkau larang gua melakukannya, kemudian belum bertaubat, padahal Engkau tidak meridloi (merelakannya), tidak melupakannya dan Engkau bersikap lembut kepadaku setelah Engkau berkuasa menyiksaku dan Engkau seru gua untuk bertaubat setelah gua melaksanakan kedurhakaan kepada MU, maka sungguh gua mohon ampun kepada MU, ampunilah gua !
Dan apapun yang telah gua lakukan dari sesuatu yang Engkau ridloi dan Engkau janjikan pahala kepadaku, maka gua mohon kepada MU ya Allah, Dzat Yang Maha Pemurah, Dzat Yang Maha Luhur lagi Mulia, terimalah persembahanku dan janganlah Engkau putus harapanku dari MU, wahai Dzat Yang Maha Pemurah!
Semoga Yang Mahakuasa tetap melimpahkan rahmat dan salam kepada junjungan kita Muhammad beserta keluarga dan sahabat beliau.

Doa Awal Tahun dan Artinya

Sedangkan doa awal tahun dibaca sesaat setelah pegantian tahun dalam islam yaitu sesaat setelah waktu maghrib. biasanya dibaca diwaktu setelah maghrib sampai waktu isyak. adapaun doanya ibarat berikut ini . . .

دعاء اولتهون

 بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ اَللَّهُمَّ اَنْتَ اْلاَ بَدِيُّ الْقَدِيْمُ اْلاَوَّلُ وَعَلَى فَضْلِكَ الْعَظِيْمِ وَكَرَمِ جُوْدِكَ الْمُعَوَّلُ وَهَذَا عَامٌ جَدِيْدٌ قَدْ اَقْبَلَ اَسْأَلُكَ الْعِصْمَةَ فِيْهِ مِنَ الشَّيْطَانِ وَ اَوْلِيَائِهِ وَالْعَوْنَ عَلَى هَذِهِ النَّفْسِ اْلاَمَّارَةِ بِالسُّوْءِ وَاْلاِشْتِغَالِ بِمَا يُقَرِّبُنِى اِلَيْكَ زُلْفَى يَاذَالْجَلاَلِ وَاْلاِكْرَامِ وَصَلَى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ

Terjemahan :

Dengan menyebut asma Yang Mahakuasa Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang.
Semoga Yang Mahakuasa tetap melimpahkan rahmat dan salam (belas kasihan dan kesejahteraan) kepada junjungan dan penghulu kita Muhammad beserta keluarga dan sahabat Beliau.

Ya Yang Mahakuasa ! Engkau Dzat Yang Kekal, yang tanpa Permulaan, Yang Awal (Pertama) dan atas kemurahan MU yang agung dan kedermawanan MU yang selalu berlebih, ini yakni tahun gres telah tiba : kami mohon kepada MU pada tahun ini biar terhindar (terjaga) dari godaan syetan dan semua temannya serta bala tentara (pasukannya), dan (kami mohon) pertolongan dari godaan nafsu yang selalu memerintahkan (mendorong) berbuat kejahatan, serta (kami mohon) biar kami disibukkan dengan segala yang mendekatkan diriku kepada MU dengan sedekat-dekatnya. Wahai Dzat Yang Maha Luhur lagi Mulia, wahai Dzat Yang Maha Belas Kasih!

Sekian mengenai lafadz doa final tahun dan awal tahun arab dan terjemahannya. semoga bermanfaat dan mampu istiqomah kita baca dan amalkan setiap memasuki pergantian tahun dalam islam. wallahu a’lam.