Doa Untuk Kedua Orang Tua

Posted on

Muslim Fiqih – Islam mengajarkan kepada kita biar senantiasa taat dan berbakti kepada kedua orang renta kita baik yang masih hidup maupun yang telah meninggal. berbakti kepada ibu dan bakap ialah kewajiban seorang muslim, kita diperintahkan oleh ALLAH SWT untuk selalu taat kepada kedua orang renta kita selama mereka tidak melanggar syariat ALLAH SWT. bahkan dikatakan bahwa surga ada ditelapak kaki ibu serta ridhonya ALLAH SWT terletak pada ridho kedua orang renta kita. dikala orang renta kita ridho terhadap kita, maka ALLAH SWT pun ridho terhadap kita.

Sebegitu pentingnya berbakti pada orang renta sampai anak yang durhaka kepada ibu bapaknya akan diganjar dengan panasnya api neraka. untuk itu sebagai muslim yang taat, kita harus mencintai kedua orang renta kita nrimo alasannya ialah ALLAH SWT. aneka macam cara yang mampu dilakukan anak dalam berbakti dan menyampaikan kasih sayangnya kepada orang tua, salah satunya yang paling utama tentu saja senantiasa mendoakannya. doa seorang anak yang saleh dan salehah sangatlah penting terutama bagi yang orang tuanya telah meninggal dunia. seseorang yang meninggal dunia maka seluruh amalannya terputus kecuali tigal hal yaitu amal jariyahnya, ilmu yang bermanfaat serta anak yang soleh, maksudnya ialah anak yang soleh tentu akan senantiasa mendoakan orang tuanya meskipun telah meninggal.

baca juga : hadist ihwal sabar

Nah kali ini muslim fiqih akan berikan kumpulan bacaan doa anak untuk kedua orang renta baik yang masih hidup maupun yang telah meninggal lengkap versi goresan pena arab dan latin beserta terjemahannya dalam bahasa indonesia. memang dalam berdoa, kita mampu mengucapkan doa dalam bahasa kita ataupun doa versi kita sendiri. namun doa dibawah ini ialah yang paling afdol yang paling umum …

Doa Untuk Kedua Orang Tua :

Doa Untuk Kedua Orang Tua Arab Latin dan Terjemahnya


اَللّهُمَّ اغْفِرْلِيْ وَلِوَالِدَيَّ وَارْحَمْهُمَاكَمَارَبَّيَانِيْ صَغِيْرَا

“Alloohummaghfirlii waliwaalidayya war hamhumaa kama rabbayaanii shagiiraa”.
Artinya :
“Wahai Tuhanku, ampunilah gue dan Ibu Bapakku, sayangilah mereka ibarat mereka menyayangiku diwaktu kecil”.

Doa Untuk Kedua Orang Tua Yang Diambil Dari Al-Quran

Selain doa diatas, kita juga mampu mendoakan orang renta kita dengan membaca beberapa doa berikut ini yang kesemuanya diambil dari ayat ayat Al-Quran . . .

Doa Dari Surat Nuh Ayat 28

رَبِّ اغْفِرْ لِي وَلِوَالِدَيَّ وَلِمَنْ دَخَلَ بَيْتِيَ مُؤْمِنًا وَلِلْمُؤْمِنِينَ وَالْمُؤْمِنَاتِ وَلَا تَزِدِ الظَّالِمِينَ إِلَّا تَبَارًا. 
Artinya :
Ya Tuhanku! ampunilah Aku, ibu bapakku, orang yang masuk ke rumahKu dengan beriman dan semua orang yang beriman laki-laki dan perempuan. dan janganlah Engkau tambahkan bagi orang-orang yang zalim itu selain kebinasaan

Doa Dari Surat Ibrahim ayat 40-41


رَبَّنَا اغْفِرْ لِي وَلِوَالِدَيَّ وَلِلْمُؤْمِنِيْنَ يَوْمَ يَقُوْمُ الحِسَابَ
Artinya :
Ya Allah Kami, beri ampunlah gue dan kedua ibu bapaku dan sekalian orang-orang mukmin pada hari terjadinya hisab (hari kiamat)”.

Doa Dari Surat Al-Ahqaf ayat 15

رَبِّ أَوْزِعْنِي أَنْ أَشْكُرَ نِعْمَتَكَ الَّتِي أَنْعَمْتَ عَلَيَّ وَعَلَى وَالِدَيَّ وَأَنْ أَعْمَلَ صَالِحًا تَرْضَاهُ وَأَصْلِحْ لِي فِي ذُرِّيَّتِي إِنِّي تُبْتُ إِلَيْكَ وَإِنِّي مِنَ الْمُسْلِمِينَ 

“Ya Tuhanku, tunjukilah gue untuk mensyukuri nikmat Engkau yang telah Engkau berikan kepadaku dan kepada ibu bapakku dan supaya gue dapat berbuat amal yang saleh yang Engkau ridhai; berilah kebaikan kepadaku dengan (memberi kebaikan) kepada anak cucuku. Sesungguhnya gue bertaubat kepada Engkau dan Sesungguhnya gue Termasuk orang-orang yang berserah diri”.

Sekian dari kami, semoga doa untuk kedua orang tua diatas bermanfaat dan mampu kita amalkan secara istiqomah terutama dibaca sehabis melakukan sholat 5 waktu. semoga ibu bapak kita diampuni dan dirahmati oleh ALLAH SWT. wallahu a’lam.