Makan Dan Minum Dengan Tangan Kanan

Posted on
loading...

Makan dan minumlah dengan tangan kanan, jangan dengan tangan kiri…!!! kenapa? alasannya ialah Islam telah mengatur segala sesuatu untuk kita hidup di dunia ini, hingga yang kecil-kecil pun telah ada aturannya namun kebanyakan umat Islam melupakannya. Salah satunya ialah aturan atau adab-adab makan dan minum dengan tangan kanan yang telah Tuhan turunkan hukumnya melalui nabi kita Muhammad Shallallahu ‘alaihi wasallam dalam beberapa Haditsnya sebagai berikut :

Hadits budpekerti makan dan minum (01)

Dari Abdullah bin ‘Umar radhiallahu anhuma bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

loading...
إِذَا أَكَلَ أَحَدُكُمْ فَلْيَأْكُلْ بِيَمِيْنِهِ، وَإِذَا شَرِبَ فَلْيَشْرَبْ بِيَمِيْنِهِ، فَإِنَّ الشَّيْطَانَ يَأْكُلُ وَيَشْرَبُ بِشِمَالِهِ

“Jika seseorang di antara kalian makan, maka hendaknya dia makan dengan tangan kanannya. Jika dia minum maka hendaknya juga minum dengan tangan kanannya. Karena setan makan dengan tangan kirinya dan minum dengan tangan kirinya pula.” (HR. Muslim no. 2020)

Hadits budpekerti makan dan minum (02)

Dari ‘Umar bin Abi Salamah radhiallahu anhu dia berkata: Dulu saya ialah anak kecil yang berada di bawah pengasuhan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam. Ketika makan, tanganku berpindah-pindah kesana kemari di atas piring. Maka dia bersabda kepadaku:

يَا غُلاَمُ، سَمِّ اللهَ وَكُلْ بِيَمِيْنِكَ وَكُلْ مِمَّا يَلِيْكَ
“Wahai nak, sebutlah nama Allah, makanlah dengan tangan kananmu, dan makanlah yang ada di dekatmu.” (HR. Al-Bukhari no. 5376 dan Muslim no. 2022)

Hadits budpekerti makan dan minum (03)

Salamah bin Al-Akwa’ radhiallahu anhu dia berkata:

أَنَّ رَجُلاً أَكَلَ عِنْدَ رَسُوْلِ اللهِ بِشِمَالِهِ فَقَالَ: كُلْ بِيَمِيْنِكَ. قَالَ: لاَ أَسْتَطِيْعُ. قَالَ: لاَ اسْتَطَعْتَ.  مَا مَنَعَهُ إِلاَّ الْكِبْرُ، فَمَا رَفَعَهَا إِلَى فِيْهِ
“Ada seorang pria yang makan di samping Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam dengan tangan kirinya. Maka Rasulullah bersabda, “Makanlah dengan tangan kananmu!” Dia menjawab, “Aku tidak bisa.” Beliau bersabda, “Semoga kau tidak bisa?” -padahal tidak ada yang mencegah dia makan dengan ajun kecuali alasannya ialah sombong-. Setelah itu tangannya tidak bisa dia angkat hingga ke mulutnya.” (HR. Muslim no. 2021)
Itulah beberapa hadist sebagai penguat hukum-hukum dan adab-adab makan dan minum  dengan tangan kanan dalam Islam, dimana setuju para ulama menyampaikan bahwa aturan makan dan minum dengan ajun ialah wajib. Sebagaimana kita lihat dalam hadist ada kalimat perintah dari nabi untuk makan dan minum dengan ajun dimana aturan perintah ialah wajib. Pada hadist ketiga sanggup pula kita lihat Hadist dimana seorang yang di perintah nabi makan dengan ajun tetapi dia menyampaikan “Aku Tidak Bisa”, jawaban dari penentangannya terhadap nabi kesannya ia benar-benar tidak bisa mengangkat tangannya untuk makan. Subhanallah.
Dalam hadist juga diterangkan kenapa kita dihentikan makan dengan tangan kiri, alasannya ialah itu termasuk perbuatan syetan dan kita sebagai umat Islam dihentikan menggandakan perbuatan syetan. Begitulah Islam mengatur hidup kita hingga urusan kecil pun ada aturannya dan itu wajib kita jalankan sebagaimana Tuhan dan Rasullnya mewajibkan. Semoga kita terjauh dari hal-hal yang meninggalkan hukum-hukum Tuhan dan Sunnah Rasul-Nya. amin.

loading...